Home   Blog  
Kiat

  Wednesday, 28 July 2021 04:40 WIB

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Lakukan Langkah-Langkah Ini

Author   Tempo Institute

Photo by Garett Mizunaka on Unsplash

Sudah hampir dua tahun, pandemi Covid-19 mendampingi hari-hari kita. Karena harus mengurangi aktivitas di luar ruangan dan berkerumun, banyak aktivitas yang berubah. Banyak pekerja kantoran tak perlu bekerja ke kantor, dan diminta bekerja dari rumah, atau yang kini populer dengan istilah work from home (WFH). Bagi pekerja kantoran yang biasanya menghabiskan banyak waktunya di kantor, kini lebih banyak waktu di rumah. Tentu, ada kelebihan dan kekurangannya.

Pekerja kantoran yang biasanya berangkat ke kantor pagi pulang malam, mungkin agak kaget dengan rutinitas barunya yang kini berada di rumah setiap hari. Sekarang mereka bebas bercengkerama dengan keluarga kapan saja tanpa takut telat ke kantor, atau bagi yang masih belum berkeluarga, memiliki lebih banyak me time. Di sisi lain, WFH juga memiliki kekurangan, yakni menurunkan produktivitas jika tidak dapat mengatur waktu dengan baik, dan juga menimbulkan kebosanan. Mungkin bagi para pekerja lepas, WFH sudah sangat biasa, namun bagi pekerja kantoran, WFH bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Saat bekerja di kantor, sulit untuk bermalas-malasan, karena bisa langsung ditegur oleh rekan kerja atau atasan. Sedangkan di rumah, semua komunikasi dan urusan pekerjaan dilakukan secara daring. Celah inilah yang bisa membuat kita bebas bermalas-malasan kapan saja, tanpa khawatir ketahuan. Jika rasa malas ini keterusan, bisa saja menurunkan produktivitas. Lalu bagaimana cara agar tetap produktif saat WFH di masa pandemi ini?

Ada banyak cara bisa kita lakukan untuk menjaga produktivitas sehari-hari. Salah satunya dengan time management yang baik. Selain itu, berikut beberapa tips tetap produktif selama WFH di masa pandemi Covid-19: 

Jalin Komunikasi yang Intens dengan Atasan dan Rekan Kerja

Agar tetap produktif selama WFH, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memperkuat bonding dengan komunikasi intens. Tanpa komunikasi yang intens, bonding dengan rekan kerja akan luntur dan mengurangi semangat bekerja, sehingga produktivitas menurun. Anda bisa saja mengusulkan untuk melakukan pertemuan daring rutin. Selain untuk meningkatkan produktivitas, komunikasi yang intens juga dapat menumbuhkan dukungan satu sama lain. 

Skala Prioritas

Apabila komunikasi dengan rekan kerja dan atasan sudah terjalin baik, buatlah prioritas. Identifikasi apa yang penting dan harus segera dikerjakan terlebih dahulu. Apabila terkait dengan pekerjaan, jangan lupa untuk selalu mengecek email masuk secara berkala. 

Kurangi multitasking, karena hanya akan membuat pikiran terpecah belah dan membuat pekerjaan tak segera selesai. Kerjakan satu pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu, lalu kerjakan pekerjaan selanjutnya.

Perencanaan

Agar tetap produktif selama WFH, Anda bisa membuat perencanaan keseharian. Tidak hanya soal pekerjaan, tapi juga aktivitas yang akan dilakukan selama seharian. Anda bisa membuat perencanaan jadwal dari bangun tidur hingga tidur lagi. Ikuti perencanaan yang sudah dibuat. Tulis juga prioritas yang harus dikerjaan pada hari itu. 

Fleksibel dengan Waktu

Bekerja di rumah, membuat waktu Anda jadi lebih fleksibel. Misalnya, Anda bisa mengulur waktu mandi 15 menit sebelum rapat online, tanpa khawatir akan tatapan tajam rekan kerja di ruang rapat. Walau begitu, jangan sampai Anda mencampurkan waktu kerja dengan waktu ‘di rumah’. Misal pekerjaan Anda belum selesai, tapi jam kerja sudah habis. Maka, Anda harus mengikuti jam kerja.

Biasanya, karena berada di rumah, pekerjaan terasa tidak ada habisnya, juga bisa ditunda-tunda. Tanpa disadari, Anda akan berpaku pada pekerjaan saja sepanjang hari, padahal jam kerja sudah habis. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan berdampak buruk pada produktivitas karena kelelahan. Akan lebih baik, Anda memberi batas waktu bekerja, agar tidak mengganggu waktu pribadi. 

Menciptakan Suasana Nyaman

Lebih dari setahun bekerja di kamar, suasana yang sama untuk makan dan tidur. Siapa yang tidak bosan dengan keadaan yang demikian? Jika kondisi itu diteruskan, bukan tidak mungkin rasa bosan itu menurunkan produktivitas. Agar tetap produktif, ciptakan suasana senyaman mungkin. Sesekali Anda bisa bekerja di halaman belakang rumah, atau mendekorasi ulang ruang kerja. 

Ada banyak ide dekorasi ruang kerja yang nyaman. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera masing-masing. Anda bisa saja menambahkan tanaman dalam ruangan, menambah aksesoris di meja kerja, atau bahkan mengecat dan menata ulang. Dengan ruang kerja yang nyaman, suasana hati akan lebih baik dan dapat meningkatkan produktivitas.

Jika Anda sudah melakukan berbagai tips di atas, namun masih merasa kurang produktif, mungkin Anda perlu waktu untuk beristirahat. Beri jeda, atau ambil cuti, dan nikmati waktu bebas dengan kegiatan-kegiatan yang tak kalah produktif. Misalnya saja, berkebun, merajut, membaca, menulis, atau menyenangkan diri dengan menonton film dan berbaring seharian. Kunci agar tetap produktif selama pandemi ini adalah mengatur waktu yang baik.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox