Home   Blog  
Kiat

  Wednesday, 16 June 2021 05:17 WIB

Tips Memilih Kacamata yang Baik, Perhatikan Kebutuhan Mata

Author   Tempo Institute

Photo by K8 on Unsplash

Pernahkah mata Anda merasa sangat lelah karena terlalu banyak menatap layar? Kondisi ini kerap dikaitkan dengan masalah anak muda masa kini. Terlebih teknologi yang semakin maju, dan banyak orang memakai gawai untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Menatap layar seakan sudah menjadi bagian hidup hampir semua orang. Kebiasaan ini dapat membuat mata mudah lelah dan memicu rabun jauh.

Namun, jangan khawatir. Di zaman yang serba canggih ini, sudah banyak penemuan dilakukan untuk mencegah dan mengatasi masalah mata. Salah satunya dengan menggunakan kacamata. Pun, kini ada banyak jenis kacamata, misalnya saja kacamata yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi, sehingga dapat mengurangi paparan radiasi layar ke mata.

Kacamata memang bukan barang baru. Tidak hanya menjadi salah satu cara untuk menjaga mata dari paparan sinar matahari atau radiasi layar, kacamata kini sudah merangkap jadi item fashion. Karena multifungsi, ada banyak orang yang bingung saat memilih kacamata. Bagaimana kacamata itu baik untuk mata, tapi juga cocok dipakai ke mana saja.

Berikut beberapa tips memilih kacamata yang baik:

  1. Perhatikan Kebutuhan Mata

Sebelum memutuskan untuk membeli kacamata, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu kondisi mata. Jika mata Anda tidak memiliki riwayat rabun jauh atau dekat, ada baiknya memilih kacamata dengan lensa normal. Berbeda jika Anda memiliki riwayat rabun jauh atau dekat, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi mata ke dokter.

Selain memperhatikan kebutuhan mata, Anda juga perlu memperhatikan fungsi kacamata ke depannya. Apakah kacamata akan digunakan sehari-hari, atau hanya di saat tertentu saja. Jika ingin memakai kacamata untuk sehari-hari, ada beberapa tips memilih kacamata lain yang harus diperhatikan.

  1. Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Untuk menunjang penampilan dan kenyamanan, memilih frame kacamata juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Misalnya saja bentuk wajah oval, cocok dengan frame kacamata dengan bentuk yang geometris, dan hindari kacamata yang terlalu besar dan menutupi hampir separuh wajah. Dilansir dari laman VSP, untuk wajah dengan bentuk kotak disarankan memilih bentuk kacamata oval atau bulat, karena dapat menyeimbangkan penampilan.

  1. Nyaman dan Pas saat Dikenakan

Kenyamanan menjadi salah satu faktor penting ketika mengenakan sesuatu, begitu juga kacamata. Ciri kacamata yang pas dan nyaman ketika dipakai, di antaranya adalah tidak mudah melorot dan tidak membuat telinga terasa sakit. Jika kacamata tidak pas dan tak nyaman dipakai, akan menyebabkan bekas di bagian hidung dan pening di bagian belakang daun telinga.

Untuk menghindari masalah itu, Anda bisa mencoba terlebih dahulu kacamata yang hendak dibeli. Coba gerakan kepala ke atas, bawah dan samping saat mencoba kacamata. Perhatikan apakah kacamata tetap berada di tempatnya atau tidak. Jika posisi berubah, dapat dipastikan, kacamata tidak akan nyaman dikenakan lama-lama.

  1. Warna yang Sesuai

Tips memilih kacamata yang baik selanjutnya ialah menentukan warna frame. Untuk menentukan warna, perhatikan fungsi kacamata terlebih dahulu. Jika memang kacamata akan digunakan untuk kepentingan fashion, Anda bisa memilih warna yang beragam. Namun, jika ingin kacamata Anda bisa dipakai kapan dan di mana saja, pilihlah warna netral.

Selain itu, Anda juga bisa memilih frame kacamata dengan menyesuaikan skin tone. Untuk pemilik skin tone hangat atau warm, bisa memilih warna frame kacamata yang berkilau, seperti kuning, emas atau perak, dan hindari warna pastel. Sedangkan untuk pemilik skin tone dingin atau cool, bisa mengenakan frame kacamata hitam, biru, atau abu-abu.

  1. Sesuai Budget

Dan tips memilih kacamata yang baik selanjutnya ialah sesuai dengan budget. Jika Anda tidak memiliki banyak budget, Anda bisa mendatangi toko kacamata dengan harga terjangkau. Atau, Anda juga bisa mengecek harga terlebih dahulu di situs belanja online atau website resmi toko kacamata.

Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli kacamata yang mahal, tanpa memperhatikan beberapa poin di atas. Dan, jangan lupa untuk memastikan kenyamanan yang paling utama. Selamat memilih kacamata!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox