Home   Blog    Kiat
Menulis

  Tuesday, 21 December 2021 13:11 WIB

Lima Cara Menulis yang Hebat Layaknya Tesla

Author   Tempo Institute

Ilustrasi tulisan dari Unsplash.com

Mungkin, Anda bingung kenapa Tesla yang merek mobil itu disangkut-pautkan dengan kelayakan menulis.

“Tesla tidak membuat mobil. Tesla membuat pabrik yang memproduksi mobil.”  –Elon Musk, tentang pabrik Tesla yang ia kembangkan.

Yap, Tesla membuat sistem yang bisa memproduksi mobil hingga bertahun-tahun. Itu pun yang harus kamu miliki dalam menulis. kamu harus memiliki sistem penulisan yang hebat sehingga tulisan-tulisan yang berguna dan baik pun keluar dari pena kamu.

Penulis-penulis hebat yang kamu kagumi tidak hanya duduk di depan kertas yang kosong dan menatap esai yang bagus sebagai referensi. Mereka menginvestasikan waktunya untuk membuat sistem penulisan yang bagus sehingga karya-karya mereka pun dapat dinikmati oleh khalayak.

Berikut lima bagian penting dalam sistem penulisan yang perlu kamu miliki.

1. Input yang Berkualitas Tinggi

Hasil yang bagus didapat dari sumber yang bagus. Begitu juga dalam menulis. Jika kamu sering mencari sumber yang bagus dari berbagai buku/jurnal/artikel/apa pun itu, tulisan kamu pun akan semakin bagus. Hal itu terjadi karena kayanya literasi yang di dalamnya terdapat berbagai sumber inspirasi tulisan.

2. Tangkapan Ide yang Simpel

Penulis hebat tidak langsung membuat satu tulisan dalam satu waktu. Ia sudah memiliki banyak ide ketika ia menghadap meja dan kertas kosongnya.

Ide-ide yang terkumpul pun biasanya disimpan dalam tulisan kecil, seperti notebook, catatan di gawai, dan sebagainya. Lalu, dari kumpulan ide tadi, ia akan mencoba mengkolaborasikan menjadi satu tulisan yang bagus.

3. Berjalan Kaki Sejam Setiap Hari

Berjalan kaki sambil menghirup udara segar selama satu jam adalah salah satu trik untuk men-trigger pikiran kamu dalam mencari ide tulisan. Percaya atau tidak, jika kamu ingin menulis, lalu langsung membuka laptop atau buku, kemungkinan besar kamu akan bingung ingin menulis apa.

Bagian ini opsional, kok. kamu juga bisa menyesuaikan waktunya dengan kesibukan kamu.

4. Kebiasaan Menulis

Ketika ide tulisan sering terngiang-ngiang dalam kepala kamu, kamu butuh waktu dan tempat yang tepat untuk menyaring ide tersebut. Buatlah rutinitas untuk menyaring ide-ide tersebut menjadi sebuah tulisan. kamu bisa membuat tulisan per dua hari atau per hari tergantung dengan kebiasaan yang ingin kamu mulai.

5. Platform Tulisan Kreatif yang Banyak

Setelah kamu menulis, kamu harus memamerkan tulisan kamu di banyak platform tulisan. kamu pun bisa mendapatkan banyak feedback untuk meningkatkan kualitas tulisan kamu. Platform tulisan yang bisa kamu coba, antara lain mojok.co, kaskus.co.id, ataupun di platform media sosial kamu.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox