Courses

Mengelola Media Internal

Dalam bisnis modern, media internal menjadi senjata ampuh bagi perusahaan untuk menjangkau stakeholders-nya. Misalnya untuk mengabarkan kinerja perusahaan kepada investor dan pemegang saham, mitra usaha dan pemasok, pelanggan, atau sekadar berbagi informasi antar karyawan.

In-depth Reporting

Di jaman yang serba cepat dan ringkas, orang cenderung enggan membaca tulisan mendalam, kecuali tulisannya istimewa. Laporan mendalam (in-depth reporting) dinanti pembaca karena memberi pemahaman baru terhadap suatu persoalan. Sehingga pembaca menjadi lebih pintar, dan menjadikannya referensi.

Teknik Menyunting Berita

Pembaca perlu disuguhi dengan berita yang menarik dan terpercaya. Dengan cara inilah media mampu merebut perhatian pembaca di tengah tsunami informasi. Persaingan di era digital bukan lagi adu cepat antar media semata, tapi dengan konten palsu yang menyerupai berita. Di sinilah peran media dipertaruhkan, mendidik para pembacanya.

Menulis Perjalanan

Menulis perjalanan bukan sekadar memindahkan keindahan tempat ke dalam tulisa, tetapi juga menjadi saksi tentang budaya, dan kehidupan yang penuh warna. redaktur TEMPO akan berbagi tips menulis perjalanan yang menarik dan menginspirasi pembaca

Menulis Opini ala TEMPO : Menembus Meja Redaksi

Tulisan opini yang menembus media massa tentu akan menjadi kebanggaan. Sebab, ini menjadi bukti sah atas kemampuan intelektual seorang penulis. Apalagi idenya berhasil menyingkirkan puluhan pemikiran lain. Di TEMPO, opini dengan gagasan aktual dan argumentasi kuatlah yang berhak mengisi kolom opini hari itu.

Teknik Wawancara bersama Hermien Y Kleden

Wawancara menjadi salah satu cara kita --wartawan, peneliti, dan auditor-- dalam mencari informasi guna merekonstruksi sebuah peristiwa. Agar memperoleh informasi yang terpercaya, detail dan akurat, kita perlu memetakan sumber informasi yang tepat pula; korban, pelaku, saksi mata, atau pihak-pihak yang berwenang.  

Menulis Laporan Efektif : Enak Dibaca dan Mudah Dipahami

Sebuah laporan tak jarang sampai beratus halaman, tebal dan cenderung intimidatif, membuat enggan membaca keseluruhan laporan. Akibatnya, banyak data dan temuan penting ‘terkubur’ di antara tumpukan laporan. Padahal laporan menjadi pijakan setiap pengambilan keputusan. Laporan yang baik dibuat secara terstruktur, efektif dan spesifik menyasar audiens.

Fotografi Jurnalistik

Redaktur foto TEMPO akan berbagi teknik menyampaikan sebuah peristiwa melalui sebuah foto yang atraktif, hangat, beretika, dan berdampak

Infografis Ala Tempo

Di era yang serba bergegas, infografis menjadi jurus jitu mencuri perhatian. Sebab, menurut sebuah penelitian, manusia adalah makhluk visual. Di mana 70 persen reseptor sensorik ada di mata, dan hampir 50 persen otak kita terlibat dalam proses visual. Itulah sebabnya manusia mampu memahami infografik hanya dalam 1/10 detik.

Menulis Berita Daring : Merebut Perhatian Para Pembosan

Tantangan media di era digital tidak hanya soal kecepatan, juga pada perubahan perilaku pembaca. Mereka cenderung menjadi pembaca cepat; melihat, memindai, baru kemudian membaca berita dari judul dan lead-nya. Itu sebab, berita dengan judul dan lead yang menarik menjadi salah satu syarat mutlak untuk menarik pembaca yang cenderung pembosan. Bukan berarti harus bombastis seperti kebanyakan media online pada umumnya.

WordPress Image Lightbox