Home   Blog    Kiat
Media Sosial

  Friday, 01 October 2021 10:42 WIB

Percaya Diri: Kunci Sukses Menjadi Konten Kreator

Author   Tempo Institute

Photo by Rawpixel

“PD aja dulu.”

Kalimat yang mudah diucapkan, tetapi sulit dilakukan. Ada banyak ketakutan untuk percaya diri. Padahal percaya diri atau PD ini salah satu kunci sukses dalam melakukan semua hal, terutama dalam membuat konten.

Kreator konten merupakan salah satu hobi atau pekerjaan yang menjanjikan di zaman digital ini. Sudah ada banyak kreator konten yang sukses dan terkenal dengan konten unik dan menarik.

Namun, sebelum menjadi terkenal, ada krisis dalam diri yang tentunya mengganggu pikiran atau mental kreator konten yang masih merintis. Salah satunya krisis kepercayaan diri yang menyebabkan takut untuk memulai karena pikiran spekulatif tentang respons yang akan didapat nantinya. Masalah ini wajar dan tuman terjadi, terutama kreator konten yang masih merintis dan muda.

Permasalahan khususnya terkait dengan kepercayaan diri dalam membuat konten disebabkan oleh tiga hal menurut Victoria Wong. Hal ini juga sempat dibahas saat live Instagram  antara Victoria Wong, konten kreator, dan Tempo Institute. 

Pertama, takut dibilang sok tau atau sotoi. Padahal, setiap ilmu atau pengetahuan atau keunikan yang dimiliki bisa dibagikan ke orang lain. Hal ini tentunya dapat bermanfaat untuk mereka. Pastinya, hal terpentingnya adalah jika ada pengetahuan baru dari orang lain, Anda harus menerimanya dan tidak sombong dengan menolaknya.

Kedua, takut haters atau orang yang tidak suka dengan konten Anda. Konten yang dibuat harusnya fokus untuk orang yang Anda tuju. Maksudnya, jangan berfokus pada haters yang bakal ada nantinya. Fokuslah pada tujuan dan prinsip Anda dalam membuat konten ini, yaitu membuat orang lain tertarik dengan konten Anda bukan haters yang tidak suka dengan konten Anda. 

Ketiga, takut kontennya sepi. Sepinya konten di awal merintis merupakan hal yang biasa terjadi. Seiring dengan berjalan waktu, Anda pasti tahu mana niche yang Anda punya sehingga itu menjadi senjata agar konten Anda menarik perhatian banyak orang. Ingat! Hargai setiap proses perkembangan konten Anda! Walaupun viewers hanya bertambah 5-10, itu berarti perkembangan progresif untuk Anda.

Masalah tadi dapat diatasi dengan percaya diri yang mumpuni dari dalam diri sendiri. Pastinya, didukung dengan riset audiens dan kematangan Anda dalam men-delivery konten yang Anda miliki. Fokuslah pada hal yang Anda akan lakukan dan prinsip yang dimiliki. Jangan terlalu memikirkan apa kata orang lain. Yuk, percaya diri aja dulu!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox