Home   Blog  
Kiat

  Monday, 11 October 2021 15:08 WIB

Peran Penting Infografik Cantik

Author   Tempo Institute

Photo by freepik

Infografik sudah sering dilihat dan dibaca oleh para pengguna media massa saat ini. Biasanya itu digunakan untuk menambah ilustrasi suatu bacaan, seperti artikel atau berita. Pastinya, infografik membuat penyajian informasi lebih ciamik atau kece.

Infografik yang sudah ada sejak 1960-an ini merupakan salah satu produk jurnalisme. Lebih tepatnya jurnalisme visual. Hal ini dikarenakan infografik biasanya dibuat untuk memvisualisasi data atau tulisan yang datar atau rumit.

Karena data lebih mudah dibaca, maka waktu yang kita butuhkan dalam mengkonsumsi informasi itu juga semakin cepat. Penelitian dari Massachusetts Institute of Technology di AS menemukan fakta unik bahwa otak manusia dapat mengenali gambar setelah melihatnya dalam waktu 13 milidetik.

Itulah mengapa, infografik memberikan kemudahan dalam membaca informasi atau berita dalam waktu singkat. Sibuk dan padatnya jadwal para komuter (pekerja di kota metropolitan) sering membuat mereka hanya memiliki sedikit waktu dalam mengakses informasi. Infografis pun menjadi “penyelamat” mereka dalam mengakses informasi secara cepat dan mudah dipahami.

Peran dalam visualisasi artikel biasa sering Anda baca pastinya. Contohnya infografik dari Tempo.co yang berisi tentang platform-platform dompet digital di Indonesia. Infografik ini berguna meringkas artikel yang panjang dan deskriptif menjadi lebih menarik dan singkat.

Selain fungsinya yang bisa memudahkan kita dalam membaca informasi, infografik juga memiliki peran estetis, yaitu memecah lautan teks yang membosankan dengan sajian visual yang indah. 

Pastinya, masih banyak lagi peran infografik untuk meningkatkan semangat literasi di Indonesia. Berawal dari sering membaca informasi atau berita lewat infografik, daya literasi kita akan semakin berkembang. Pembuatan infografik yang cukup mudah dan aplikatif dapat membuat berita atau informasi lebih enak untuk dinikmati.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox