// //
Home   Blog    Jurnalisme
Menulis

  Saturday, 22 January 2022 12:51 WIB

Panduan Menulis Artikel Gaya Hidup untuk Pemula

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Lifestyle

Manusia merupakan bagian dari gaya hidup, begitu pula sebaliknya. Melansir dari laman SPA Journalism, artikel gaya hidup dapat mencakup berbagai aspek, seperti tulisan soal makanan, ulasan, lokasi wisata, mode, hingga nasihat hidup. Karena aspeknya yang beragam, menulis artikel gaya hidup tentu akan menarik. Selain ringan, artikel gaya hidup juga mudah untuk dikerjakan karena dekat dengan kehidupan manusia.

Keuntungan lain dari menulis artikel gaya hidup adalah, tidak perlu menjadi jurnalis. Blogger menjadi salah satu orang yang kerap menulis tentang tema ini. Jika Anda seorang jurnalis muda yang ditugaskan untuk menulis soal gaya hidup, atau Anda adalah seorang blogger pemula, berikut panduan menulis artikel gaya hidup:

1. Tentukan Ide dan Tema

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau gaya hidup itu beragam. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menentukan ide dan tema utama. Misalnya, Anda ingin menjadi blogger gaya hidup yang berkaitan dengan makanan, atau mungkin soal fashion. Setelah itu, identifikasikan dengan keahlian yang dimiliki. Walau tidak berkaitan langsung, jika Anda memiliki keahlian selaras dengan tema gaya hidup yang akan ditulis, maka akan lebih mempermudah riset dan penulisan.

Apabila Anda seorang blogger pemula, menentukan ide dan tema sangat penting. Pada langkah ini, Anda harus memilih, apakah ingin fokus pada satu tema gaya hidup atau tidak. Ide dan tema awal ini juga akan berpengaruh pada tahapan selanjutnya dalam membuat blog. Lebih mudahnya, Anda bisa melakukan brainstorming agar ide dan tema lebih mantap.

2. Riset dan Observasi

Jika ide dan tema sudah tersusun, langkah selanjutnya ialah melakukan riset. Anda bisa melakukan observasi ke beberapa blog gaya hidup atau artikel gaya hidup yang sudah ada. Riset juga dapat dilakukan untuk mematangkan ide. Misalnya Anda ingin menulis artikel gaya hidup soal makanan khas Yogyakarta. Anda bisa datang ke beberapa tempat makan yang populer dan melakukan observasi. Dari riset dan observasi itu, Anda akan menemukan hal unik untuk bahan tulisan.

3. Menyiapkan Blog

Langkah berikut ini berlaku bagi Anda blogger pemula. Setelah melakukan observasi dan bersiap untuk menulis, Anda tidak boleh lupa mengenai blog Anda. Platform apa yang ingin digunakan, dan desain seperti apa yang diinginkan. Ada beberapa pilihan platform, di antaranya Blogger, WordPress, Medium, dan Squarespace. Pilih yang sesuai segmen dan keinginan Anda. Jika merasa kesulitan mempelajari platform blog ini, Anda bisa meminta bantuan teman.

4. Lengkapi dengan Visual yang Menggoda

Setelah selesai menulis artikel gaya hidup, jangan lupakan soal visual. Sertakan foto yang mendukung isi tulisan Anda. Usahakan tidak sembarang mengambil foto, tapi ikuti kaidah pengambilan foto yang sesuai. Misalnya soal komposisi, angle dan pencahayaan. Akan lebih bagus lagi jika foto yang diambil adalah foto terbaru.

5. Konsisten

Langkah terakhir dalam menulis artikel gaya hidup adalah konsisten. Tak hanya dalam menulis gaya hidup saja, konsisten sangat diperlukan dalam penulisan, agar tulisan yang dihasilkan menjadi lebih berwarna dan fokus. Selain itu, dengan konsisten membuat tulisan di blog, maka akan membuat blog jadi lebih terawat.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox