// //
Home   Blog    Jurnalisme
Menulis

  Wednesday, 25 May 2022 13:27 WIB

Kemampuan Fashion Journalism yang Wajib Dimiliki

Author   Digital Marketing

Ilustrasi jurnalisme mode

Fashion journalism atau jurnalisme mode merupakan salah satu cabang jurnalisme yang sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari. Kate Nelson Best dalam bukunya The History of Fashion Journalism mengungkapkan bahwa pada abad kesembilan belas, jurnalisme mode adalah salah satu dari sedikit pilihan karier yang terbuka bagi wanita, khususnya di Prancis. Ada kemampuan dalam jurnalisme tersebut yang harus dimiliki oleh jurnalis yang berkecimpung di dalamnya.

Meskipun mereka tidak memiliki pelatihan mode formal, banyak editor inovatif dari pers mode adalah wanita, termasuk Emmeline Raymond dari La Mode Illustrée. Wanita-wanita ini terutama adalah penulis mode yang memberi tahu pembaca tentang mode terkini serta masalah etika sosial dan selera yang baik.

Fashion journalism termasuk bagian pengisi dunia mode dan mode itu sendiri. Salah satu fashion journalist paling berpengaruh di abad ini adalah Anna Wintour yang hingga saat ini merupakan pemimpin redaksi Vogue. Untuk menjadi seorang fashion journalist, ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai, antara lain:

1. Komunikasi yang baik

Mengasah keterampilan menulis adalah cara terbaik untuk mempersiapkan diri untuk industri jurnalisme. Fashion journalist membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan ringkas.

2. Kemampuan menulis multiplatform

Fashion journalism adalah bidang yang berubah dengan cepat. Setiap hari, ide dan konsep desain baru muncul, dan rumah mode bersaing memperebutkan pangsa pasar dengan menghadirkan produk atau acara baru yang menarik. Keterampilan menulis harus mengikuti lingkungan yang dinamis ini.

Untuk tujuan ini, kamu harus bisa menulis tidak hanya untuk media cetak, seperti koran dan majalah, tetapi juga platform multimedia seperti blog, Instagram, Facebook, dan Twitter. Fleksibilitas ini memberimu keunggulan dalam industri ini.

3. Paham mode

Seorang fashion journalist wajib untuk paham mode yang sedang tren. Seorang jurnalis mode harus melakukan penelitian besar-besaran dan menggali tentang tren baru dan tren lama. Jurnalis mode juga diharapkan membantu dengan gaya model, mewawancarai tokoh utama dan ikon mode yang akan datang di industri. Seorang jurnalis mode menganalisis budaya pop dan peristiwa terkini yang memengaruhi mode saat ini. Mereka bahkan melaporkan tentang berita mode terbaru dan mencatat dari kritikus mode.

4. Punya kepribadian kuat

Deskripsi pekerjaan seorang jurnalis mode mencakup penyampaian berita, analisis, dan tren kepada konsumen yang paham mode. Umumnya, mereka tertarik pada tren fashion selebriti, mode, dan klasik. Menulis adalah cara sempurna bagimu untuk menambahkan kepribadian dan bumbu pada pekerjaan. Ini melibatkan fitur penulisan, kolom, wawancara, dan ulasan.

Selain itu, Anda akan melakukan wawancara dengan selebriti dan desainer di industri fashion. Membuat wawancara ini lebih pribadi akan memastikan bahwa kamu tidak terdengar membosankan. Memiliki kepribadian yang percaya diri dan bersemangat akan membantu membangun hubungan dengan orang yang diwawancarai sambil terhubung dengan audiens.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox