Home   Blog    Jurnalisme
Komunikasi

  Tuesday, 21 December 2021 14:36 WIB

Yang Harus Diperhatikan oleh Wartawan Pemula

Author   Tempo Institute

Ilustrasi wartawan pemula dari Unsplash.com

Wartawan merupakan pekerjaan keren yang berisiko dan berdampak untuk banyak pihak. Stereotip seorang wartawan biasanya pintar menulis, kritis, dan sebagainya. Itu tidak salah sepenuhnya.

Namun, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seseorang sebelum ia bisa menyandang status wartawan.

Sayangnya, wartawan kadang dicap sebagai penyebar fitnah dan hoaks akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan banyak berita negatif yang dibuat oleh sebagian wartawan mengenai beberapa hal. Akhirnya, masyarakat pun berpersepsi bahwa wartawan itu dan ini.

Hal inilah yang harus menjadi perhatian wartawan pemula dalam membuat sebuah karya jurnalistik. Wartawan harus bisa menempatkan dirinya dengan baik sehingga kompetensi yang dimiliki berkembang juga.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wartawan pemula.

Lakukan riset yang matang sebelum membuat sebuah berita

Riset yang matang berguna untuk memberikan informasi yang valid dan faktual bagi khalayak. Masyarakat yang mengonsumsi sebuah berita harus dipastikan mereka mendapatkan informasi yang valid dan bukan hoaks. Informasi yang salah atau hoaks pastinya akan menurunkan kepercayaan masyarakat kepada media pembuat berita tersebut.

Memilih sudut pemberitaan yang sempit dan lugas

Sudut yang sempit membuat pembaca lebih fokus dalam mendalami sebuah isu. Pembaca pun akhirnya bisa mendapatkan info yang lugas dan tidak melebar ke mana-mana. Info yang melebar biasanya akan membuat pembaca bingung sehingga sulit untuk mencerna berita tersebut.

Memahami kaidah penulisan karya jurnalistik

Dalam membuat sebuah karya jurnalistik, ada beberapa hal fundamental yang wajib ada, seperti sudut berita, judul yang sesuai, bahasa yang sesuai logika jurnalistik, dan masih banyak lagi. Hal-hal, seperti tadi wajib kamu pahami agar informasi yang kamu buat bernilai berita dan bukan hanya sebatas informasi biasa semata.

Menguasai teknik wawancara yang tepat dan sopan

Wawancara ini sangatlah esensial untuk wartawan dalam melakukan tugasnya. Ya, kadang mereka harus menghadapi narasumber yang sulit untuk dimintai informasi atau bahkan tidak mau diwawancara karena satu dan lain hal. 

Di sinilah, wartawan harus mengeluarkan banyak ide agar bisa mendapatkan narasumber yang tadi menolak. 

Keempat hal tadi wajib diperhatikan oleh wartawan pemula. Perlu diketahui juga, wartawan bukan pekerjaan yang “receh”. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika seseorang ingin menjadi wartawan. Tidak sembarang orang bisa menjadi wartawan yang bertugas dengan penuh risiko.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox