Home   Blog  
Kiat

  Tuesday, 27 October 2020 12:29 WIB

Ide Aktivitas di Rumah Saat Libur, Mungkin Belum Pernah Kamu Coba

Author   Fadhli Sofyan

Ilustrasi: Pexels/Ylanite Koppens

Melakukan aktivitas di rumah saat akhir pekan atau libur kadang membingungkan. Sepertinya sudah semua hal dilakukan di rumah dan kegiatan seperti berulang terus.

Ini rekomendasi kegiatan akhir pekan dan mengisi libur ketika di rumah saja:

  • Menata Ulang Ruangan

Memindahkan tata letak kursi, meja atau lemari bisa memang bukan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tapi, dengan menata ulang ruangan kita bisa mendapatkan suasana baru. Jika terasa menyenangkan kita bisa sekaligus membersihkan lemari, laci, atau menata ulang susunan buku. Ruangan dan benda yang tersusun rapi akan memudahkan kegiatan, bahkan kamu bisa menemukan benda yang hilang secara misterius di kolong lemari.

  • Menamatkan Buku Lama

Coba ingat kembali buku lama yang kamu suka atau buku yang tak kunjung tuntas dibaca. Membaca koleksi buku lama bisa jadi kegiatan libur di rumah saja. Ini bisa menyegarkan kenangan pertama ketika membaca buku tersebut. Atau menjadi penebus dosa karena membeli buku tanpa menamatkannya.

  • Merawat Tanaman atau Hewan Peliharaan

Merawat tanaman dipercaya baik untuk kesehatan mental, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi stres. Anda bisa memilih tanaman sukulen yang mudah dirawat di mana saja hingga bercocok tanam sayur-sayuran di lahan, pot atau hidroponik. Jika Anda lebih memilih merawat hewan peliharaan, ini juga bagus untuk mengisi kegiatan melawan kesepian. Merawat hewan melatih kedisiplinan dan rasa empati kita. Tapi ingat peliharalah hewan dengan bertanggung jawab.

  • Merapikan Dokumen Digital

Pernah merasa kesulitan mencari dokumen penting atau foto kenangan jalan-jalan? Mungkin dokumen digital di folder Anda masih berantakan. Coba rapikan dokumen digital Anda seperti dokumentasi liburan di galeri, surat-surat penting, hingga bahan bacaan. Hal lain yang bisa dilakukan, Anda bisa mengamankan dokumen fisik ke dalam bentuk digital. Seperti memindai foto lama, surat berharga, kartu identitas ke dalam bentuk digital dan menyimpannya dengan rapi.

  • Mempelajari dan Melakukan Hal Baru di Luar Kebiasaan

Jika Anda sangat senang berolahraga, coba sekali-kali belajar menjahit atau bahasa pemrograman. Kalau Anda sering mendengar lagu rock, coba sesekali dengarkan jenis lagu lain yang mungkin tak pernah terpikirkan. Melakukan hal baru dan keluar dari rutinitas bagus untuk memperkaya sudut pandang dan melengkapi skill.

  • Produktif dengan Gadget

Kadang kita tidak sadar berapa jam terbuang hanya untuk menunduk menatap layar telepon pintar. Padahal ada banyak kegiatan produktif yang bisa dilakukan dengan gadget Anda, seperti belajar masak lewat resep online, mengatur keuangan dengan aplikasi, hingga belajar online.

Kegiatan nomor tiga bisa Anda lakukan bersama Tempo Institute di Kelas Tanpa Batas, kelas online yang bisa diikuti kapan saja. Terdapat kelas-kelas gratis dan kelas berinvestasi dengan harga ramah di kantong. Anda bisa mendapatkan sertifikat dan akses kelasnya selama satu tahun dan bebas mau belajar kapan saja tanpa jadwal yang mengikat untuk mengisi aktivitas di rumah. Daftar sekarang di sini Kelas Online Tempo Institute.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox